"Heloowww"

Mengembalikan password root di linux

Pernah gak ngalamin lupa password dilinux? Kalo Gw dah beberapa kali. kalo password yg lupa itu password user biasa (bukan root) sih gak masalah. tinggal masuk root trus ganti passwordnya make syntax passwd:
passwd [nama_user]

Tapi Gmana kalo yg lupa itu password root? terlebih kalo fasilitas sudo gak di aktifin buat ngerubah password.

Nah ini pernah kejadian ama Gw, sewaktu Gw coba otak-atik windows (sekitar 3 hari bturut2). selama itu Gw gak make linux Gw, nah ujung-ujungnya lupa deh sama tuh password root.

Memang nyusahin kalo kejadian kayak gini, gak bisa ngutak-atik configurasi system kita. Terlebih lagi kalo make Slackware, yang notabenenya lebih strict masalah previlage ini.

Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakuin buat ngakalin kejadian kayak gini. Salah satunya dengan cara yang disebutin di linuxforum. Nah kebetulan itu cara Gw nemunya pas udah selesai, kalo cara Gw dengan merubah langsung nilai password tersandi di file shadow di folder /etc. Tapi cara ini masih punya masalah lain, yaitu shadow cuma bisa dirubah oleh root, dan bagaimana membuat password tersandi dengan kata yg kita ingini.

Dua masalah itu bisa diatasi dengan adanya Live-CD/DVD/USB linux atau sistem linux lainnya. bila menggunakan linux sistem lainnya, maka kita perlu melepas HDisk kita untuk di pasang di sistem itu, ribet ya. Oleh karena itu Gw lebih memilih make live-CD (bisa juga diterapin make live-USB atau DVD atau linux portable lainnya.)

Booting ke livecd masuk sebagai root, mount HDisk kita, terus ganti shadow di sistem kita (bukan shadownya live cd loh). Ganti apa shadow nya? Waktu itu Gw kurang paham shadow, jadi Gw replace aja baris “root:[bla_bla_bla]” di shadow Gw dengan baris “root:[bla_bla_bla]” di shadow di shadow livecd. Hal ini menyebabkan password root kita jadi sama dengan password root livecd. nah abis edit jangan lupa ubah ownership shadow ke root.shadow dan previllagenya jadi 0640.

Sebetulnya, bisa aja dihapus password tersandi di shadow sistem kita supaya rootnya gak make password (baris “root:[bla_bla_bla]:[something]“ dihapus [bla_bla_bla]-nya jadi “root::[something]“).

Setelah ngerubah shadow, tinggal reeboot terus masuk ke root terus ganti password rootnya.

Sorry kalo Gw gak terlalu detail nulis cara2nya, soalnya lagi gak mood nulis, cuma kesel aja akhir2 ini jarang nulis tentang komputer.

0 komentar: